Penelitian

Penerapan Algoritma FSA (Finite State Automata) untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Madura

Dewasa ini perkembangan Bahasa Madura sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia semakin luntur. Hal ini disebabkan kurangnya pelestarian dan upaya pembinaan Bahasa Madura, sehingga Bahasa Madura semakin ditinggalkan oleh generasi muda. Salah satu kendala dalam mempelajari Bahasa Madura terletak pada perbedaan antara penulisan dan pengucapannya. Maka dari itu, perlu adanya media pembelajaran yang inovatif agar proses belajar menjadi lebih mudah.

Perkembangan teknologi yang pesat, menimbulkan banyak macam metode yang digunakan sebagai media pembelajaran. Dalam penelitian ini telah dirancang dan dibangun sistem pembelajaran membaca permulaan Bahasa Madura berbasis web, yang bertujuan untuk membantu masyarakat Madura dalam belajar membaca dan meningkatkan kemampuan berbahasa Madura secara baik dan benar. Sistem pembelajaran ini terdiri dari pengenalan huruf, suku kata, kata, dan kalimat Bahasa Madura serta cara pengucapannya. Sistem dibangun menggunakan Algoritme FSA (Finite State Automata) dua tingkat pada proses pemenggalan suku kata Bahasa Madura, yaitu sebuah algoritme yang mampu mengenali pengklasifikasian suku kata Bahasa Madura. Penerapan algoritme FSA pada proses pemenggalan suku kata Bahasa Madura cukup efektif digunakan dengan prosentase keberhasilan 100%.

Sistem ini juga dibangun untuk memperkenalkan Bahasa Madura kepada masyarakat luar Pulau Madura agar mudah bagi mereka untuk mengerti dan belajar Bahasa Madura. Karena sistem pembelajaran ini mampu melafalkan kata/kalimat Bahasa Madura dengan baik.

Kata Kunci : Bahasa Madura, Finite State Automata, Media Pembelajaran, Membaca Permulaan, Pemenggalan Suku Kata